Pemilu Kuwait









Wanita Kuwait Memilih

Tanggal 29 Juni yang lalu menjadi hari bersejarah bagi bangsa Kuwait. Hari itulah ditandai lahirnya demokrasi dinegara itu, karena pada hari itulah untuk pertama kalinya dalam sejarah Kuwait bahkan negara-negara teluk wanita dibolehkan memberikan suaranya bahkan mencalonkan diri sebagai wakil rakyat setelah keluar surat keputusan Emir (raja) Kuwait sehubungan dengan hal itu pada tahun lalu. Tercatat 28 kandidat wanita dari total 257 calon-calon wakil rakyat yang bersaing memperebutkan 50 kursi dewan.Meskipun hasil akhirnya belum satupun kandidat wakil rakyat wanita yang berhasil mendapatkan kursi parlemen.

Diantara berita yang dilangsir beberapa surat kabar Kuwait terbitan 30 Mei menyatakan:
- Oposisi menang telak
- Kemenangan kelompok Islam
- Ikhwanul Muslimin meningkat tajam
- Salafi mendapat sedikit
- Kelompok liberal dapat 1 kursi
- Nasionalis Kembali sukses
- Pemenang pemilu Kuwait yaitu Fundamentalis, Kesukuan dan Kekelompokan

Negara Kuwait meskipun termasuk salah satu negara monarki (Kepala Negaranya dari Keluarga Kerajaan), tetapi termasuk salah satu negara yang relatif demokratif terutama dibandingkan dengan negara-negara tetangganya di teluk. dan Kuwaitlah negara teluk yang pertama kali mempelopori pembentukan parlemen dan juga mengadakan pemilihan umum. Dan juga yang pertama kali membolehkan wanita mencalonkan diri (sebelumnya Emirat dan Bahrain membolehkan wanita memilih saja).

Untuk Pemilu kali ini, jumlah Anggota parlemen yang dipilih yaitu 50 orang, mewakili 25 daerah pemilihan. Dua orang dari masing-masing daerah pemilihan.
Meskipun tidak ada partai-partai dan fraksi-fraksi secara resmi, tetapi para anggota parlemen dan para calon-calon anggota sudah mempunyai kelompok-kelompok sendiri-sendiri. Diantara kelompok-kelompok yang dimaksud dengan perolehan suaranya pada pemilu kali ini yaitu:

- Kelompok Islami yang terdiri dari:
1- Harakah Dusturiyah (Aliran Ikhwanul Muslimun) mendapat 6 kursi.
2- Tajammu' Salafi (Kelompok salafi Ihya Turots) mendapat 2 kursi.
3- Tahaluf Islami (Kelompok Syiah) 2 suara.
4- calon-calon syiah independen 2 suara.
5- Calon-calon islami independen diantaranya dari sebagian yang keluar dari Tajammu' salafi dan menamakan diri dengan Hizbul Ummah yang sempat memboikot pemilu mendapat 9 kursi.

- Kelompok Liberal
1- Mimbar Demokrasi (1 kursi)
2- Caleg-caleg Liberal independen (3 kursi)

- Kelompok Nasionalis 5 kursi
- Kelompok yang condong ke Pemerintah 19 kursi
;">







Poster Caleg Wanita


Jadi...
Sebenarnya komunitas masyarakat Indonesia bahkan mungkin komunitas pekerja expatriat di Kuwait hanya sedikit saja yang peduli dengan Pemilu kuwait dan hasilnya. Karena memang tidak secara langsung berhubungan dengan mereka apalagi dengan peningkatan kesejahteraan mereka. Tapi Apapun hasilnya... paling tidak kita juga sedikit pedulilah dengan negara yang kita tinggali sekarang ini... karena disinilah kita tinggal dan sebagian mendapat manfaat darinya.. dan apapun hasilnya... semoga bisa membawa manfaat yang lebih baik kepada Masyarakat Indonesia di Kuwait dan secara umumnya kepada Umat Islam... apapun manfaat baik itu...
Itu saja...

Diintisarikan dari berbagai sumber...
gambar-gambar dari www.awfarab.org

0 komentar:

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA