Pameran Seni Islam

plang pameran
Membaca judul palngnya kayaknya menarik banget pengin liat, tapi begitu pas liat lokasinya, dikomplek tempat kerjaku juga di (Grand Mosque) jadi gak semangat liat, soale tempate kayaknya gak representatif, makanya meskipun udah dimulai sejak 2 minggu yang lalu, aku baru nyempatin liat kemarin selasa (hari ini rabu liat lagi soale hari terakhir).

Begitu aku masuk dan lihat-lihat, aku jadi nyesel kenapa gak dari kemarin-kemarinnya aku sempetin liat-liat, ternyata meskipun tempatnya kecil, tapi isinya menarik dan stannya bagus-bagus. Apalagi stand-stand yang ada peragaan langsung, seperti di stand Turki yang langsung ada peragaan melukis diatas air (filmnya ada bawah). Terus juga ada tempat khusus workshop anak-anak, jadi anak-anak yang datag bisa langsung praktek, ada yang nglukis-ngluis, ad yang pahat-pahat, ada yag corat-coret macem-macem. Akh kapan si Asiya bisa ku ajak yah.
Cerita lengkapnya Stand-stand apa aja yag menarik begini...
Pertama kali kita masuk ruangan, sebelah kanan kiri kita adalah stand-stand manuskrip-manuskrip kuno, ada beberapa stand, ada buku-buku kuno, ada qur'an-qur'an kuno.
terus bagian kedua setelah itu stand-stand seni dari beberapa negara diantaranya:
Turki yang datang dengan seni EBU (marbling orinating) tak kiramelukis diatas batu, ternyata melukis diatas air, prosesnya ada air di ember kotak, kemudian si pelukis menciprat-cipratkan tinta khusus ke dalam air itu dan digerak-gerakkan dengan kayu sehinga terbentuk seperti lukisan batik sebagai dasar, baru diatasnya dia meneteskan tinta-tinta lagi dan dibentuk macam-macam, bunga-bunga, binatang, kaligrafi dan lain-lain. Setelah itu dia mengambil secarik kain sutera atau kertas dan ditempelkan diatasnya sehingga semua bagian kain terkena air sevara merata, kemudian diangkatlah kain itu, dan... simsalabim gambar yag ada diatas air itu terpindah keatas kain. Bagus...

Kemudian ada stand dari marocco menampilkan senilimestone engraving, apaan seeh?? kayaknya seni phat semen bahannya dari semen putih, stand seanjutnya dari Mesir yang menampilkan seni pahat kayu. Terus stand dari Syiria menampilkan seni Interlocking glass apan tuh?? pokoknya kayak melukis gitu diatas kaca. Stand satu lagi juga dari syiria menampilan floral glazed taes, hampir sama kayak stand pertama tapi ada diatas barang-barang pecah belah.
Kemudian dari Kuwait sendiri menampilkan seni Sadu, yaitu tenunan khas Kuwait.
Stand Iran menampilkan karpet-karpet.

Kemudian dibagian belakang ruangan pamer, ada tempat yang cukup besar ddalamnya ada sekitar 10 orang kaigrafer, praktek mengajarkan dan membuatkan kaligrafi bagi pengunjung yang meminta.

Terus ini bagian yag menarik... bagian bengkel khusus untuk anak-anak berkreasi dan bermain-main dengan cat kuas dan lain-lainya. Setelah meihat-lihat di pameran meraa lagsung bisa meniru apa yang mereka lihat. tentunya yang bagus-bagus...

Gambar-gambar pameran lihat disini

Akhirnya... yah udah... keluar dari pintu yang sama ketika masuk, tak lupa bawa oleh-oleh buklet pameran dan ambil coklat dan aqua yang dibagian gratis.


4 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    wah asyik donk ada pameran heheh klo aku da pameran sibuk belanja hihi  

  2. azfa mengatakan...

    #ica ..hihi belanja emang asyik...:)  

  3. didats mengatakan...

    idih, ga ajak ajak deeeh...
    *mutung*

    :D  

  4. azfa mengatakan...

    #didats
    waduh sorry nih... soale tak kira gak bagus... jd aku kesana aja hari sblm terakhir..:( sorry2...  

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA