TKW

gambar diambil dari http://www.presidensby.info/ibunegara/index.php/galeri/album/thumb/49/index.htmlKira-kira sebulan yang lalu, beberapa orang utusan dari Departemen Tenaga Kerja Indonesia mengadakan kunjungan ke Kuwait.
Selain bertemu dengan relasinya di pemerintahan kuwait, mereka juga mengadakan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Kuwait ini.

Salah saru relasi mereka, terutama yang berhubungan dengan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yaitu sebuah tim yang bernama Barirah. Ini adalah sebuah tim dibawah kementrian Agama dan Awqaf Kuwait yang konnsen dengan masalah TKW, terutama dalam memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada para TKW dan juga para majikan-majikannya.
Sebelum pertemuan yang diadakan di Masjid Nasional Kuwait (The Grand Mosque), mereka telah menyiapkan sebuah draft yang berisi beberapa adat masyarakan kuwait yang perlu diketahui oleh para TKW sehinga bisa lebih cepat beradaptasi dengan majikannya dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan kesalahfahaman salah satu fihak.
Berikut ini draft yang mereka siapkan yang sebelumnya mereka minta saya untuk menterjemahkannya.
semoga ada manfaatnya

Nasihat Untuk para Pembantu
Berkenaan dengan Adat Istiadat Keluarga Kuwait

Kepada para pembantu rumah tangga agar memperhatikan Adat dan adab-adab berikut ini:
1- Menghormati Rumah dengan hal-hal berikut:
- Tidak dibenarkan kepada orang asing untuk masuk rumah kecuali bila ada pemiliknya dan pada waktu-waktu yang sesuai.
- Dilarang mengganggu tetangga dengan hal-hal berikut:
- Suara-suara yang keras.
- Membuang sampah sembarangan ketempat mereka.
- Menghalangi jalan atau tempat parker mereka.
- Membuat keramaian didepan rumah mereka.
- Tidak melihat kedalam rumah mereka jika pintu terbuka, juga tidak melihat kehalaman mereka atau ke jendela-jendela rumah mereka atau melalui atap rumah.

2- Perkumpulan keluarga
- Antara keluarga satu dengan keluarga lainnya biasanya akan saling kunjung-mengunjungi.
- Seorang yang sudah berkeluarga (suami atau istri) tidak meninggalkan kebiasaan untuk berkunjung ke rumah orang tua mereka bersama anak-anaknya.
- Bercampurnya laki-laki dan perempuan dalam kunjungan-kunjungan tersebut diatas adalah hal yang sangat jarang dan terbatas.
- Biasanya kunjungan-kunjungan tersebut sering terjadi pada hari-hari raya dan libur, juga pada hari-hari istimewa lainnya seperti pernikahan dan lainnya, selain juga kunjungan rutin mingguan.

3- Adab Berpakaian
- Perempuan Kuwait selalu berusaha untuk memakai pakaian yang sopan dan tidak ketat dan memakai kerudung ketika keluar rumah.
- Sangat penting menjaga kebersihan dan kesucian pakaian.
- Pakaian yang umum dan disukai kebanyakan perempuan Kuwait yaitu Abaya yang longgar (tidak ketat) yang menutup semua tubuh dengan memakai tambahan kerudung yang menutupi kepala, ada juga yang memakai niqab (penutup muka).

4- Hal-hal yang berhubungan dengan Tanggung Jawab dalam Keluarga.
- Semua keputusan dalam keluarga ada ditangan seorang suami atau bapak yang tertua jika suami itu tinggal dirumah bapaknya.
- Seorang istri punya peran penting dalam mengarahkan perilaku anggota keluarga, dan biasanya bertanggung jawab dalam urusan makan keluarga dan hal-hal kerumahtanggaan lainnya.
- Anak-anak yang belum baligh biasanya tergantung kepada ibunya atau pembantunya dalam urusan-urusan mereka.
- Kebanyakan keluarga Kuwait biasanya menyerahkan hal-hal yang berkenaan dengan anak-anak kecil atau bayi kepada para pembantunya, seperti pemberian makan, mandi dan istirahatnya.

5- Adab-adab Umum dan Akhlaq Sosial
- Masyarakat Kuwait sangat menjaga akhlaq dan adab-adab yang baik.
- Menghormati yang lebih besar dan menyantuni yang lebih kecil termasuk kaidah yang umum.
- Menggunakan kata-kata yang sopan dalam memanggil dan beberapa kata basa-basi dalam pergaulan adalah hal yang umum seperti (panggilan paman, bibi, atau mama, kata Jazakallahu khoiron (semoga Allah membalasa dengan kebaikan… dll).
- Menjaga pergaulan antara laki-laki dan perempuan dan tidak terlalu rapat dalam pergaulan terutama yang masih muda, dan jika berbicara antara mereka dengan cara yang singkat dan serius.
- Cara berbicara orang arab (khususnya orang Kuwait kebanyakan) mempunya cirri khusus yang terasa agak kasar dan keras, yang mungkin dianggap sebagian orang yang belum terbiasa sedang marah.

6- Selalu berusaha untuk berbicara dengan semua anggota keluarga dan para pekerja dengan santun dan sopan.

7- Tidak berusaha untuk mengetahui secara berlebihan hal-hal yang kurang perlu dalam rumah, atau mencoba segala sesuatu secara berlebihan.

8- Agar tidak menjadikan rahasia keluarga dan permasalahan-permasalahan yang terjadi didalam rumah sebagai bahan pembicaraan dengan teman-teman.

9- Agar menyambut tamu-tamu keluarga dengan baik dan tidak dengan serta merta berbicara dengan mereka tanpa ijin majikan.

10- Minta ijin sebelum memakai sesuatu didalam rumah.

11- Harus minta ijin sebelum masuk ke rumah atau ke kamar terutama jika pemiliknya ada dirumah sedang sendirian atau sedang istirahat

12- Tidak berbicara atau tertawa dengan suara yang terlalu keras.

13- Tidak membiasakan atau mengajak kepada adat, kebiasaan atau ide-ide yang asing dan tidak sesuai dengan adat istiadat masyarakat Kuwait dan adapt-adat Islam.

1 komentar:

  1. Obat Ambeyen De Nature mengatakan...

    Obat Ambeyen De Nature ? Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.  

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA