Arti Dakwah

Suatu siang dikantorku, telpon berdering, kring-kring!!
Langsung diangkat oleh bosku, Mustafa Tahhan, seorang penulis yang cukup produktif, sampai saat ini buku-buku karangannya yang sudah terbit sekitar 44 judul buku, sebagain sudah ada yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, yang paling banyak dikenal mungkin yang diterbitkan oleh Thullaby…"Risalah Pergerakan Pemuda Islam".

"Halo, assalamu'alaikum.. selamat siang!"
Mulailah terjadi percakapan antara bosku dan penelpon.
Dari jawaban-jawaban bosku, aku mengira penelepon adalah seseorang yang sedang mengadakan survey tentang radio dan televisi.
Di Kuwait tarif telepon/fax termasuk murah, dan bayarnya setahun sekali, jadi tidak terasa beban, di mana-mana kita bisa saja pinjam telepon dan tanpa merasa terbebani pemilik akan meminjami kita, bahkan kalau di airport disediakan telepon gratis.
Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, tawaran-tawaran dan iklan banyak yang dilakukan melalui telepon atau fax, kalau pagi-pagi datang ke kantor maka dimesin fax pasti ada saja fax-fax komersial.

"Saya biasanya mendengarkan radio jam 6-7 pagi juga dan 3 siang di mobil, kalau tivi biasanya jam 4 sore dan jam delapan malam".
"Saya cuma mendengarkan dan melihat berita-berita saja, juga radio qur'an".

Bosku mulai memberikan jawaban, sampai disini semuanya masih biasa saja, tapi percakapan berikut yang membuatku tertegun.

"Yang kalian lakukan cukup bagus, tapi bisa lebih banyak berguna lagi dengan hal-hal lainnya".
"Engkau orang Mesir khan? Siapa namamu?"
"Ghadah?... Ghadah bukan seperti nama mesir, tapi seperti nama orang Lebanon". (sambil tersenyum, Bosku aslinya dari Lebanon).
"Kamu tahu gak, kalau sekarang perempuan-perempuan muda Mesir telah membuat khawatir Israel?".
"Sebuah surat kabar Israel menyatakan bahwa pemerintah Israel sangat takut dengan yang terjadi akhir-akhir ini di Mesir, yaitu bertambahnya jumlah pemudi-pemudi yang mulai memakai jilbab, juga banyaknya pemuda-pemuda yang kembali rajin sholat jama'ah di masjid".
"Kamu belum dengar berita ini?.. kamu punya alamat email? atau telephone?, nanti saya kirimkan beritanya".

Beliau menjawab sambil menuliskan nomer telepon dan alamat email pada secarik kertas.

"Keluargamu tinggal disini juga?"
"Kamu sholat apa tidak? Suami kamu juga sholat?"
"Alamat kamu dimana?"
Sambil menuliskan sebuah alamat beliau berkata, "Nanti kalau kamu mau aku akan kirim beberapa buku karanganku yang bisa bermanfaat bagimu".

"Oh iya, tentang pertanyaan yang tadi, aku biasanya mendengarkan berita radio jam 6-7 pagi, juga berita BBC jam 3 siang, jam 4 sore dan jam 8 biasa nonton berita di televise, kadang-kadang Al-Jazeerah, LBC pokoknya yang ada berita bagus".

Kembali bosku mengingatkan tentang survey sebelum menutup telepon.

Sebuah pelajaran yang berharga bagiku, pelajaran tentang arti dakwah. Dimanapun, kapanpun, dalam kesempatan apapun, dengan siapapun kita bisa berdakwah.
Dakwah… sebuah kata yang sangat global, tapi kadang-kadang oleh sebagain orang artinya disempitkan, atau tanpa disadari mengartikan kata dakwah dengan makna yang mengekangnya.
Sebagian hanya mengartikan dengan ceramah-ceramah keagamaan, atau ajakan untuk rajin sholat, dzikir, memakai jilbab atau bahkan ajakan untuk membiarkan jenggot dan mencukur kumis, atau harus keluar dari rumah beberapa hari dan yang sejenisnya.

Semua hal diatas jelas adalah dakwah, tapi dakwah bukan semua itu.
Dakwah sangat lebih luas dari hanya sekedar hal-hal diatas.
Tidak mesti kita bercaramah, bahkan kadang-kadang tidak mesti kita mengajak, dengan contoh kita, akhlaq dan perilaku baik kita bisa saja kita diartikan telah berdakwah dan mendapat pahalanya.
Bukankah Rasulullah telah bersabda: "Barang siapa yang memulai suatu perbuatan baik, maka baginya pahalanya dan pahala orang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya"
Dalam hadits lainnya: "Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan maka baginya pahalanya dan pahala orang yang melakukannya tanpa dikurangi sedikit pun dari pahalanya".

Artinya, ketika kita tidak berusaha mengajak atau menyuruh orang, tetapi dengan akhlak dan perilaku kita menunjukkan suatu perbuatan baik, cara bicara kita santun, kita menjaga kebersihan kantor, membuang sampah pada tempatnya, datang tepat waktu, mengerjakan tugas dengan baik, kemudian orang yang melihat kita simpatik dan meniru perbuatan kita, maka selain mendapatkan pahala sendiri, kita juga akan diberi pahala orang yang meniru kita, sedang pahala orang yang meniru kita itu tidak dikurangi sedikit pun.

Sedangkan ketika kita mengajak atau menyeru, topik ajakan kita pun tidak hanya terbatas pada materi-materi yang kental keagamaannya, tapi semua kebaikan, ajakan untuk nonton berita di tv pun bisa jadi sebuah dakwah (daripada nonton acara-acara yang kurang manfaatnya seperti sinetron atau nyanyi-nyanyian dan acara-acara hiburan belaka).

Dan objek dakwah pun ketika mengajak sangat banyak, yang lebih utama tentunya memang keluarga kita "Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka", tapi diluar mereka berapa banyak orang yang ada dalam kehidupan kita.
Penumpang yang duduk disebelah kita di bus, tukang bakso langganan kita, para pelanggan warung makan siang kita, satpam kantor kita dan semua yang kita temui dan kita bergaul dengan mereka.

Jadi… mulailah kita meluruskan sikap, dan siap-siaplah mendapatkan pahala gratis dari orang-orang yang simpatik dan meniru kita, walaupun kita tidak mengajaknya.

10 komentar:

  1. fakhrurrozy mengatakan...

    Assalamu'alaikum,
    Sepakat dengan definisi dakwah diatas.smoga tiap kita bisa juga mampu melakoni dengan baik & benar serta penuh kehati-hatian.
    Salam kenal  

  2. hanafi mengatakan...

    Tulisan yg menarik ya.. dakwah memang tidak harus ceramah kok mbak, tapi di dalam Quran juga ada ayat yang memerintahkan kita untuk berlatih meninggalkan rumah dan perkerjaan untuk sementara untuk syiar agama. Dakwah hakekatnya untuk diri sendiri agar iman tetap terjaga. Iman didapat berkat pengorbanan dan mujahadah. Kalo iman mau meningkat maka harus usaha. usaha atas iman ya dakwah itu sendiri dengan harta dan diri. Nanti iman pasti naik. Kenapa para nabi imannya naik terus, karena kerjaan dan tugas utama mereka dakwah. Dan dakwah dalam alquran pengertiannya adalah mengajak kepada Allah. "Ath'u ilallaah" adalah mengajak agar taat kepada Allah. Untuk merubah ummat agar menjadi baik hanya ada satu cara yaitu dengan dakwah yang mencontoh Rasul. Ummat rusak karena 2 hal. 1. Tidak ada dakwah 2. Ada dakwah tapi tidak mencontoh Rasul. Setelah Rasulullah wafat usaha dakwah pernah berhenti selama 7 hari. Maka ada 3 perkara besar datang kepada ummat islam pada waktu itu 1. Adanya nabi palsu Musailamah Al Kahzab 2. Ummat islam murtad dan meninggalkan zakat 3. Diangkatnya ketakutan dari hati orang kafir terhadap orang Islam. melihat hal itu Khalifah Abu Bakar as Shidiq mengambil keputusan untuk mengirim jamaah2 dakwah dan memerangi nabi palsu dan mengajak kembali ummat islam kepada islam. Selama 3 hari 3 malam di kota madinah tidak ada adzan karena hampir semua laki2 nya pergi untuk dakwah kecuali wanita dan yg sudah udzur serta anak2. Lantas sekarang apa yg terjadi jika ummat islam engan dalam berdakwah dan berjuang untuk agama. Kita bisa lihat keadaannya sekarang bukan... :)  

  3. azfaAZ mengatakan...

    #fakhrurrozy
    salam kenal juga mas... amiin...

    #hanafi
    seperti saya bilang mas...
    Semua hal diatas jelas adalah dakwah, tapi dakwah bukan semua itu....
    btw... yang jbb ini mas bukan mbak :)  

  4. hanafi mengatakan...

    :) Maaf, saya salah sangka. saya kira mbak. Alim ulama mengatakan dakwah nabi ada 2. 1. Keluar rumah dan ke kampung2 serta negeri2. 2. Menghidupkan amal masjid dengan suasana iman, ibadah, muamalah, muasyarah dan ahklaq. Yang mas sebutkan adalah bagian dari dakwah di kampung dan lingkungan sendiri, termasuk di tempat kerja dengan ahklaq dan perilaku yang baik. Tapi basis dakwah adalah di masjid. Begitulah Rasulullah menghidupkan masjid nabawi hingga kota madinah terkenal dengan suasana agama yang demikian kental sehingga suasana agama wujud bukan hanya di masjid2 saja tapi di pasar2, di jalan2, dan di rumah2 juga ada suasana agama. Hingga ada seseorang dari rum datang ke madinah begitu terkesan dengan suasana agama dan ahklaq yang ada di madinah hingga dia memeluk islam dengan suka rela. Dua cara dakwah Rasulullah itu harus berdampingan dan berjalan bareng. Selain menghidupkan agama di kampung lain juga menghidupkan agama di kampung sendiri. Tapi jika hanya salah satu saja yang jalan maka agama tidak akan wujud secara sempurna di masyarakat secara luas. Islam adalah Rahmatal lil 'alamin. Jika Rasul dan para sahabat dulu tidak keluar rumah dan kota madinah maka agama tidak akan sampai ke negeri kita. Tanggung jawab dakwah pada ummat islam dalam Alquran ada 5. 1. diri sendiri, 2. keluarga, 3. masyarakat kampung kita 4. masyarakat di kampung/kota lain 5. seluruh manusia yg ada di muka bumi. Mohon maaf yang sebesar2nya. saya hanya sharring saja sifatnya. Dengan segala penuh rasa hormat dan takdim saya kepada mas Azfa saya tidak bermaksud menggurui. Semoga Allah Swt memberikan kepahaman agama kepada kita semua. Dan semoga mas Azfa dan keluarga mendapat naungan Rahmat Allah Swt. Saya juga masih bodoh dan tidak paham agama sama sekali melainkan hanya sedikit. Mohon doa dan bimbingannya. :)  

  5. ndy mengatakan...

    Assalamu alaikum AZFA..
    wah, di Kairo ya?  

  6. azfaAZ mengatakan...

    #terima kasih mas hanafi... salam silaturrahim...

    #ndy
    walah....:(( bukan di cairooo.... (pengein sih ke cairo jalan-jalan hehehe) ini di Kuwait bu.... :)  

  7. Web Sutera mengatakan...

    Assalamualaikum ukhuwah,

    Wah, buku2 islami. Menarik. Teruskan entri2 sebegini.  

  8. Awan Badai mengatakan...

    Saya berminat untuk mendapatkan buku2 yang saudara tunjukkan itu.

    Ada cadangan tak kaedah yang terbaik?

    -Saudaramu dari Malaysia-  

  9. Masa PKL D3 APB FE UNEJ mengatakan...

    Mantabs artikelnya, jarang orang yang membahas maupun mengartikan dakwah dalam online.
    http://apb04unej.blogspot.com/2011/08/masa-pkl-d3-ap-b-fe-unej-2004.html  

  10. Turks and caicos resorts mengatakan...

    Great post for dakwah, I like Dakwah guys...
    http://www.kimmynews.com/turks-and-caicos-resorts  

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA