Boikot Virus IBM

Diantara seruan yang sering kita dengar untuk membantu masalah Palestina akhir-akhir ini yaitu dengan memboikot produk- produk yang katanya banyak membantu Israel, misalnya produk IBM Company.
Untuk di Kuwait saya katakan sampai saat ini hampir mustahil untuk meninggalkan IBM, terutama di sektor birokrasi.
Hampir di semua kantor-kantor yang biasa berhubungan dengan ekspatriat (itu yang kita tahu) semuanya masih pakai IBM.
Mulai dari kantor imigrasi: ngurus visa, iqamah (residency permit), ktp (civil ID).
Kantor polisi: ngurus SIM (driving license), pajak mobil, bayar denda dll.
Tempat-tempat kesehatan: ngurus asuransi kesehatan, klinik, rumah sakit, farmasi.
Urusan-urusan lain: bank, sekolah anak, cari dan pindahan rumah apartment, telepon rumah, listrik, air, bahkan kalau mau pelihara binatang.
Semua urusan-urusan di atas tidak akan lepas dari yang namanya IBM.
Lho emang di Kuwait gak ada computer merek lain yah?
Wah buanyak banget, bahkan yang produksi Indonesia pun ada.
Lho jadi apa masalahnya kalao cuman mau ganti IBM.. khan mereka kaya-kaya.
Justru karena mereka kaya-kaya itu makanya jadi IBM..
Masalahnya karena IBM sudah mendarah daging..
Karena IBM ini artine..


InsyaAllah..Bukroh (besok)..Mafie Musykilah (tidak ada masalah)..= (IBM).
Bisa di pisah satu-satu kata, atau langsung disambung, intinya tetap akan sama.
Istilah IBM ini kalau prakteknya di kehidupan sosial kemasyarakatannya gak banyak masalah, bahkan banyak positifnya, misalnya ketika ditanya pertanyaan penting (fatwa, hokum haram halal dll) gak bisa jawab bilang insyaAllah besok, karena kalo tetep jawab tapi jawabannya ngawur khan malah berabe, misalnya lagi kalo di jalan mobil kesenggol lecet dikit bilang mafia musykilah, kan jadi enak urusannya, gak jadi rame.

Masalahnya kalo IBM ini dipakai di urusan-urusan administrasi.. bisa jadi berabe semuanya, urusan gak selesai-selesai, dan ini lah yang sering terjadi di sini..
Dikasih ijin perusahaan jam 12 siang buat ngurus administrasi visa, sampai di kantor imigrasi ternyata lagi pada istirahat pegawainya, dan dibilang Bukroh insyaAllah, padahal jam kerja sampai jam 2 siang…:( :( khan jadi musykilah… bukan mafie musykilah…

Dan lebih masalah lagi ternyata IBM ini virus yang juga menular..
Jadi yang pada tinggal di Kuwait nih mesti hati-hati, bias-bisa ketularan virus IBM ini, jadi harus kita boikot rame-rame…

Dialog sebelum tidur… (jangan ngeres yah…)
Uminya asiya:" Abi… abi asiya…gas buat masak yang satu udah habis.. kapan mau diganti…, setir honda kayaknya sekarang getar dan gak lurus.. kapan mau dibawa ke bengkel?...katanya mau cari-cari informasi untuk s2 udah belum?.. itu formulirnya mbak fulanah, kapan mau dibawa ke lajnah fulan..?...kran dapur airnya netes terus.. kapan mau dibenerin?.. mobil pajero kayaknya udah lama gak ganti olinya, kapan mau diganti…??......
Abi asiya:"….ehhmmm….. banyak banget seh pertanyaannya….IBM


photo diambil dari sini

6 komentar:

  1. Avecienna mengatakan...

    Hiks .. kirain IBM benaran..

    Assalamualaikum,

    Salam kenal Mas - Mbak

    Avis

    Bogor  

  2. pututik mengatakan...

    Assalamu'alaikum, tulisane cukup menggelitik. Semoga keluarga disana dalam keadaan baik. Salam kenal  

  3. Sommerset mengatakan...

    IBM virus? I've translated this articel at google translate,,,but it's such a mess...

    can you write this in English? I'm curious about IBM virus.. it's the new virus?
    sorry If I'm wrong translating this  

  4. Rosyidi mengatakan...

    @ somerset : no it's not. It's only idiom on kuwait.

    ceritanya lucu juga ya.. ternyata banyak kejadian menarik ya di kuwait..  

  5. rasal mengatakan...

    ptc
    oh ho its only kuwait......  

  6. watch simpsons mengatakan...

    The main theme of the site is very outstanding and it is very much useful for the new readers like me. I was looking for this kind of sites for a long time. I am waiting eagerly for its further publications.  

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA