Cerita Dongeng

"Adik-adik, sekarang kita akan pergi ke negeri yang sangaaaaaat jauh..!
"Kita akan pergi ke sebuah negeri yang bernama Yaman,... siapa yang mau ikuuuut?"
"Sekarang kita akan naik pesawat, semuanya harus siap-siap!
"Dung.. dung.. dung..dung.."
"Kepada semua semua penumpang harap mengenakan sabuk pengaman, karena pesawat akan segera tinggal landas, terima kasih".
"Dung.. dung.. dung.. dung..".
"Cekrek...krek.. krek...!!".
Kak aziz menirukan bunyi suara sabuk pengaman sambil tangannya memperagakan sedang memakai sabuk, dan dikuti oleh semua anak-anak yang asyik mendengarkan dongeng...


"Itulah aksi kak aziz dalam acara Dongeng sehari, yang alhamdulillah terlaksana dengan sukses, kita sebut sukses karena tidak ada aral apapun, dan karena memang itu acara pertama untuk anak-anak di Kuwait.
Cerita lengkapnya seperti ini...



Acara dibuka oleh kak aziz dengan basmalah.
Kemudian salah seorang hadirin yaitu mas Ridho Ramadhan membacakan ayat-ayat suci AlQur'an. Mas Ridho ini anaknya Pak Suli, ketua PIP PK-Sejahtera di Kuwait, Kelas 4 Sd di New English Pakistani School, umurnya baru 9 tahun, tapi kecil-kecil gini udah hafal 9 juz Al-Qur'an lho... dan masih meneruskan hafalannya di halaqah tahfidz dimasjid dekat rumahnya, kita doakan semoga menjadi Hafidz yang sholih...

Kemudian mulailah kak aziz beraksi...
Membawa anak-anak ke kerajaan di negeri Yaman yang dipimpin oleh Abrahah...
Lho kok??...Yah iya.. karena dongengnya hari ini bukan sembarang dongeng, tapi memang sejarah nyata, yaitu sejarah tentang tentara gajah yang dipimpin oleh raja Abrahah untuk menghancurkan Ka'bah di Mekah, dan kelahiran Nabi terakhir Muhammad SAW.

Anak-anak dengan khusuk mendengarkan dongeng...
Kadang-kadang semuanya tertawa terbahak ketika kak aziz terlihat lucu, apalagi ketika kak aziz menyebutkan nama gereja yang dibangun oleh raja Abrahah yaitu gereja songkok jatuh sambil songkok kak aziz juga ikut jatuh beneran, semuanya terbahak-bahak, atau ketika sedang menirukan bunyi-bunyi binatang juga ikut-ikutan menirukan atau ikut menebak suara binatang apa itu.

Disela-sela cerita, bila sesuai dengan alurnya, kak aziz menyelipi dengan pertanyaan do'a-doa sehari-hari, seperti doa mau tidur, doa bangun tidur, do'a keluar rumah dan do'a-doa lainnya, yang bisa menjawab pertanyaan langsung diberi hadiah oleh kak aziz, kadang-kadang juga disertai dengan nasyid seperti nasyid 25 rasulnya Raihan.

Cerita berangsung sekitar 45 menit saja, kasihan anak-anak yang kecil kalau terlau lama, kemudian setelah selesai cerita, maka semua hadirin dipersilahkan mengambil snack yang tersedia dibelakang.

Jumlah anak-anak yang ikut mendengarkan sekitar 30an putra dan putri, ada yang sudah sekolah dan ada yang belum, jumlah orang tua yang hadir gak kalah banyak juga, malah mungkin lebih dari jumlah anakanak...
Iya soale ada juga yang punya anak satu, tapi bapak dan ibunya dua-duanya hadir, bahkan banyak juga orag tua yang belum dikaruniai anak ikut juga mendengakan dongengnya.
Semoga bermanfaat begi semuanya, itu salah satu harapan kita.

Respon anak-anak dan orang tua setelah acara alhamdulillah ikut memberikan semangat pada kami untuk mengadakan acara serupa lagi dilain waktu, dan semoga fihak masjid negara juga tetap memberikan support. Beberapa komentar dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami, baik melalui sms atau lisan diantaranya.

sms: as.jazzakml atas acr dongeng kemarin. anak2 senang apalagi dpt hadiah. (terima kasih kembali atas kehadiran-aziz).
sms: mabruk acaranya kemarin bagus, bener calon bapak. (barakalah fik.. mudah-mudahan kami cepat dikaruniai rizki anak sholih-aziz)
lisan: jadi kapan lagi diadakan acara seperti ini akh? (mudah-mudahan bisa rutin 2 bulan sekali-aziz).
lisan: akh insyaAlah ini rutin yah? lumayan untuk tempat interaksi anak-anak yang jarang kumpul.
lisan: Abi dongengya kapan diadakan lagi? kok gak setiap hari? (kalo setiap hari yang dower mulutnya kak aziz hehehe).

Alhamdulillah ada salah seorang ortu yang membawa handycam dan merekam acara dogeng, dan menurut ceritanya ketika disetel dirumah anak-anak juga tergelak-gelak lagi. (kak aziz juga mau copy akh vcdnya... jadi nanti kalo ada acara lagi khan bisa menjadi lebih best...)

Jadi demikian cerita tentang acara dongeng, mudah-mudahan bisa kembali kami laksanakan dengan bantuan pihak masjid nasional kuwait, dan semoga acara-acara yang akan daang lebih banyak yang hadir dan lebih meriah dan yang pasti lebih bermanfaat... Amiin.

4 komentar:

  1. Noenoe mengatakan...

    bagus sekali acaranya,..kapan-kapan mau donk ke jepang cerita didepan anak-anak sini,..hi hi tapi pke bhs jepang ya,...god job  

  2. BidadarI MungiL mengatakan...

    Subhanalloh...Ridho hafal 9 juz...*ummi langsung malu* Moga bidadari ummi bisa seperti Mas ridho. Tante Latifah, mau dong rekamannya hehehe...cerita Kak Aziz pasti seru ya! Alhamdulillah acara sukses  

  3. hada_fathan mengatakan...

    MasyaALLAH nih kak Aziz :)
    Sy juga suka sekali dengan anak-anak. Mau juga ahh menirukan aksinya kak Aziz...  

  4. Anonim mengatakan...

    Excellent, love it! »  

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA