Gayus, Jayus dan arabisasi


Sudah banyak yang membahas masalah Gayus, baik media-media resmi atau blog-blog pribadi. Tapi saya yakin pembahasan saya tentang masalah Gayus ini bukan pengulangan dan belum ada yang membahas.

Dari pada membahas Gayus dan masalah korupsi pajak yang bikin sebel, dongkol, enek, mangkel, muak, marah, keki, kesel, jengkel, gemes, gondok, gregetan, geram, gething.. (silahkan diteruskan sendiri, tapi pakai huruf awalan Gayus yah..), mendingan kita basas masalah Gayus dan arabisasi.

Lho apa hubungannya Gayus dan arabisasi?
Ternyata Gayus tidak hanya bikin masalah di Indonesia saja, tapi telah membuat musykil di negara arab, bukan hanya satu negara saja, tapi semua negara arab yang berjumlah 22 tanpa terkecuali, membuat mereka berpecah belah, berfaksi, berfraksi, bermadzhab-madzhab dan bertahazzub... Gawat ini!

Pangkal masalahnya ternyata hanya satu huruf saja yaitu G huruf pertama kata Gayus, tidak seperti bahasa lainnya pengguna aksara arab dalam system penulisannya, yang sepakat menggantikan huruf G yang tidak ada dalah huruf asli abjad arab, dengan huruf Gaf, yang aslinya berasal dari huruf Kaf ك , dengan penambahan diakritik titik atau garis sesuai kesepakatan tiap-tiap bahasa:
  • Dengan penambahan diaktrik satu titik diatas huruf Kaf menjadi ڬ atau ڬـ biasa dipakai pada bahasa Melayu arab atau Jawi (Indonesia, Malaysia, Thalaind Selatan, Brunei dan Philipina selatan), dan juga huruf Pegon di Jawa.
  • Dengan penambahan diaktrik satu garis diatas hufuf Kaf seperti harokat Fathah menjadi گ biasa di pakai pada bahasa Persian, Urdu, Kyrgyz, Kazakh, Uyghur, Kurdish dan Turkish.
  • Kaf ditambah diakritik satu garis diatas dan dua titik dibawah menjadi ڳ biasa dipakai pada bahasa Sindi.
  • Penambahan diakritik satu titik menyerupai sukun diujung huruf menjadi ګ pada huruf Pashtu.

Bangsa Arab yang berjumlah 22 itu ternyata tidak sepakat menggunakan Gaf sebagai ganti huruf latin G, tiap-tiap negara (bahkan daerah sesuai dialeknya) mempunyai huruf yang berbeda untuk menggantikannya, setidaknya ada 4 huruf pokok yang mengganti huruf G yaitu: Jim ج , Qaf ق , Kaf ك,  dan Ghain غ , dan dua huruf tambahan yaitu huruf Kaf dengan tiga titik diatas, dan huruf Qaf yang ditambahi satu titik diatas menjadi tiga titik.

  1. Jim ج  : Mengganti pengucapan huruf Jim dengan dialek G, biasa didengar di Mesir dan Juga Yaman, sehingga untuk sebaliknya, mereka menggeneralisi semua huruf G dalam huruf latin diganti menjadi Jim .
  2. Qaf ق : Sedangkan huruf Qaf diucapkan dengan logat G, banyak dipakai didaerah semenanjung arab (Gulf Country), sehingga untuk sebaliknya pun mereka mengganti semua huruf latin G dengan Qaf.
  3. Kaf ك  : Huruf Kaf untuk menggantikan huruf latin G banyak dipakai di negara-negara arab sebelah timur (المشرق العربي)    terutama daerah Syam (Syiria, Lebanon, Jordan dan Palestina), juga di Irak, dan kearah timur utara.. hampir semua negara lainnya selain negara arab yang menggunakan huruf arab sebagai system penulisannya mengganti huruf G dengan kaf yang dimodifikasi menjadi Gaf seperti kita sebutkan diatas.
  4. Ghain غ : Tidak ada logat tertentu yang menggantikan huruf latin G menjadi Ghain atau sebaliknya tidak ada logat tertentu yang mengucapkan hufuf Ghain arab dengan dialek G latin, tetapi penggunaan huruf Ghain untuk arabisasi huruf latin G sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu ketika dimulai penerjemahan naskah-naskah Yunani dan Romawi ke bahasa Arab pada masa Dinasti Abbasiyah. Contohnya kata Yunani yaitu negara Greece / Greek biasa diterjemahkan dengan kata يونانية  atau إغريقية , dalam kata إغريقية , huruf G pada kata Greece atau Greek diganti dengan Ghain.

Oke dari pada jayus dengan kebingungan arabisasi huruf G, kita kembali ke masalah kita yaitu Gayus, kita langsung praktekin aja, gimana nulis kata Gayus dalam bahasa Arab, sebelumnya saya pastikan kata Gayus kita baca dengan hard G seperti dalam kata gelas, bukan dengan soft G seperti dalam kata giant/ geant, jadi Gayus tetap dibaca Gayus bukan Jayus.

Nama Gayus katanya diambil dari nama Latin yaitu Gāius dibaca ['ɡaː.i.us], untuk memudahkan saya cari dengan nama tokoh yang terkenal yaitu Gaius Marius dan saya cari di http://www.bing-vs-google.com/ untuk membandingkan antara google dan bing, saya pakai semua huruf pokok pengganti G yaitu Jim, Qaf, Kaf dan Ghain, hasilnya ternyata semua keluar, dengan urutan terbanyak untuk nama Gaius Marius di Goggle: Ghain, Jim, Qaf dan Kaf. Sedang di Bing dengan urutan terbanyak: Jim, Ghain, Kaf dan terakhir Qaf. Dengan catatan google dalam semua huruf menampilkan hasil lebih banyak, tetapi bing lebih akurat dalam kesesuaian antara nama yang kita cari dan hasil untuk nama Gaius Marius, yang ditulis menjadi جايوس ماريوس,  غايوس ماريوس, قايوس ماريوس, dan قايوس ماريوس.

Akhirul Kalam..
* Sebenarnya saya lebih menyukai huruf Ghain untuk menggantikan huruf G, karena alasan pribadi saja..
Tetapi...
* Saya berharap bangsa arab melepaskan ego penggunaan dialek masing-masing daerah untuk mengganti huruf-huruf latin yang tidak ada padanan langsung pada aksara arab, sehingga the Academy of the Arabic Language bisa memberi satu keputusan untuk semua huruf yang belum sepakat, khusus untuk huruf G dengan memilih salah satu huruf empat di atas atau menggantinya dengan huruf Gaf sehingga memudahkan semua orang.

Catatan: Nama-nama anda yang ditag disini kemungkinan karena ada huruf G-nya atau karena saya anggap anda termasuk konsern dengan bahasa Arab.

Bahan Bacaan:

10 komentar:

  1. mrpall mengatakan...

    salam knal yah......  

  2. Aang Gunaifi mengatakan...

    Tambah satu lagi gan, Nazarudin...he...
    http://apb04unej.blogspot.com/2011/02/aang-gunaifi.html (Aang Gunaifi)
    http://www.nathansaputra.org (SEO Services)  

  3. Landlords Insurance mengatakan...

    Why n: Nama-nama anda yang ditag disini kemungkinan karena ada huruf G-nya atau karena saya  

  4. zahwa mengatakan...

    info yang keren gaan,,
    salam kenal yaa,,, :)  

  5. wulan mengatakan...

    artikelnya menarik juga, semoga bermanfaat
    salam kenal ya gaan.. :)  

  6. sendika mengatakan...

    makasih ya udah share..sangat bermanfaat  

  7. tomy mengatakan...

    artikel yang bagus kawan, semoga bermanfaat bagi yang baca.  

  8. qindoy mengatakan...

    artikelnya oke gaan........ ??? mantaaaaappppp........  

  9. rudy mengatakan...

    makasih sob telah berbagi, artikelnya keren  

  10. Mengobati Wasir Tanpa Operasi mengatakan...

    Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.  

Poskan Komentar


 

Yang Mampir Berteduh

Link Menarik

Kuwaitana

Panduan prosedur pengurusan visa family ke Kuwait... lengkap disertai gambar...mantap selengkapnya disini

Blog paling lengkap dengan segala informasi tentang Kuwait: Bahasa, mata uang, iklim, sosial budaya, jam kerja dan libur, sekolah, hotel, tempat makan dan restaurant, rekreasi, living cost, prosedur visa, civil ID, residency permit, driving liscense.. dll..sayang gak dibuka kolom koment... selengkapnya disini

Indonesiana

Belum nemu blog Indonesia yang pas...jadi ngunjungi profile kami dulu yah..:)

View my complete profile

Duniana

Play and Learn Activities for baby...bagus2

selengkapnya disini

Blogroll

Silaturrahim



Free shoutbox @ ShoutMix
Powered by IP2Location.com

Komentar



K2 Template by: geckoandfly3 Column by: k2ModifyBloggerized n Skinned by: Az&fA